A. Pengertian Teknologi informasi
dan komunikasi
TIK atau teknologi informasi
dan komunikasi pada era ini berkembang sangat pesat, dimulai dengan
ditemukannya system computer hingga komunikasi dunia maya yang bisa dinikmati
melalui telepon selular dengan akses GPRS/3G/4G.
Namun banyak orang yang masih
awam tentang Teknologi Informasi dan komunikasi tersebut. Hal tersebut terukur
dari kurang optimalnya penggunaan teknologi diatas dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya masyarakat Indonesia pada umumnya yang masih menggunakan telepon
selular hanya sebatas komunikasi antar personal, padahal telepon selular yang
mereka gunakan telah cukup memadai untuk digunakan sebagai alat komunikasi
dengan dunia luar menggunakan internet ataupun GPRS/3G/4G.
Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
secara umum adalah semua yang teknologi berhubungan dengan pengambilan,
pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian
informasi (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6)
Teknologi informasi juga adalah
suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat,
dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis,dan pemerintahan
dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
B. Penerapan Teknologi Informasi
dan Komunikasi Di Bidang Hiburan
Banyak sekali manfaat yang
dapat kita ambil di era globalisasi ini dengan perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi yang begitu pesat, selama
kita menggunakan dan memafaatkan perkembangan ini dengan hal-hal yang positif.
Akan lain ceritanya, apabila kita menggunakan perkembangan ini dengan sisi
negatif. Salah satu perkembangan TIK
yang sangat pesat adalah pemanfaatan media internet yang diaplikasikan
pada dunia hiburan. Adapun penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam
dunia hiburan salah satunya adalah sebagai berikut:
1.
Penggunaan komputer di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian
informasi.
2.
Dalam dunia pertelivisian dan perfilman, komputer digunakan dalam
pembuatan film-film yang memerlukan animasi khusus, misalnya film kartun maupun
yang memerlukan efek-efek khusus.
3.
Paket-paket aplikasi untuk animasi dan efek merupakan
program-program yang sering digunakan dalam pembuatan animasi dan efek-efek
tersebut
4.
Dalam bidang permainan, penggunaan komputer digunakan untuk
mengisi waktu senggang dengan program-program permainan (game) yang
bermacam-macam.
5.
Saat ini program-program permainan game telah dibuat dan banyak
ditemui di pasaran dengan berbagai permainan.
6.
Bidang rekaman, Dengan menggunakan komputer kita akan menghasilkan
hasil rekaman yang lebih baik. Kita juga dapat mengatur dan mengeditnya. Kita
juga dapat mengatur suara yang kita inginkan dengan menggunakan komputer.
C. Kendala – kendala Penerapan TIK
di Dunia Hiburan
Kajian mengenai kendala
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dalam kontribusinya memberikan
dukungan kepada berbagai sektor kehidupan masyarakat berupa peningkatan
efisiensi serta produktivitas sudah banyak disajikan di berbagai pola. Pada
umumnya studi tentang kendala TIK di dalam organisasi difokuskan pada persoalan
teknis seperti bagaimana memperbaiki kinerja operasional, atau bagaimana TIK
digunakan sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan, media penyampaian
informasi secara aktual, serta penerapan pada dunia hiburan.
Kajian yang lebih luas seperti
misalnya bagaimana dampak sosial dari perkembangan TIK yang sedemikian hebat
selama dua dekade terakhir ini relatif masih sedikit dilakukan. Dalam
lingkungan sosial yang selalu berubah, terdapat setidaknya dua faktor yang
memperngaruhi perubahan sosial itu sendiri (pelaku perubahan dan mereka yang
terkena dampak perubahan).
Dalam kaitan ini TIK dapat
berperan dalam dua posisi sekaligus, sebagai aktor (means) pengubah dan
sekaligus sebagai sasaran (ends) dari perubahan yang ingin dicapai. Naskah
singkat ini dimaksudkan untuk memberi gambaran hubungan sebab akibat kendala
TIK dalam konteks perubahan sosial kemasyarakatan.
D. Internet Sebagai Sarana TIK di
dunia hiburan
Teknologi internet hadir
sebagai media/sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat
dilakukan secara interpesonal (misalnya
e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya
mailing list).
Manfaat Internet sebagai salah
satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya dunia
hiburan di Indonesia khususnya. Begitu juga dengan adanya aplikasi
teleconference, INTERNET juga dapat hadir secara real time audio visual seperti
pada metode konvensional.
Berdasarkan hal tersebut, maka
internet sebagai sarana di dunia hiburan mampu menghadapkan karakteristik yang
khas, yaitu :
1.
Sebagai media interpersonal dan massa
2.
Bersifat interaktif
3.
Memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron
Karakteristik ini memungkinkan
masyarakat melakukan komunikasi dengan sumber/penyedia layanan hiburan secara
lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.
E. Dampak positif dan negatif
penerapan TIK di dunia hiburan
1.
Dampak positif
Pemanfaatan TIK dalam dunia
hiburan, akan mengatasi masalah sebagai berikut:
§ Mengurangi
ketertinggalan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan
negara berkembang dan negara maju lainnya.
§ Peningkatan
kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi
informasi dan komunikasi.
§ Penggunaan
komputer di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi.
§ Paket-paket
aplikasi untuk animasi dan efek merupakan program-program yang sering digunakan
dalam pembuatan animasi dan efek-efek tersebut.
§ Dalam
bidang permainan, penggunaan komputer digunakan untuk mengisi waktu senggang dengan
program-program permainan (game) yang bermacam-macam.
§ Saat
ini program-program permainan game telah dibuat dan banyak ditemui di pasaran
dengan berbagai permainan.
§ Bidang
Industri Perfilman, Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyutingan
adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan
komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat
dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC
itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah
dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
§ Bidang
Industri Rekaman, Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan
perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak
lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam
VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau
pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
§ Rutinitas
yang tiada henti membuat kita membutuhkan hiburan, hiburan dapat kita lakukan
dimana saja begitupula di internet, Bidang ini sangat bergantung pada komputer.
Dengan kemajuan TIK, kita dapat menonton siaran dari dalam negeri maupun dari
luar negeri.
1.
Dampak negatif
Sisi negatif dari perkembangan
TIKadalah sebagai berikut:
§ Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa
Internet dan TV identik dengan pornografi memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki Internet dan TV, pornografi pun merajalela.
§ Penipuan
Penipuan dengan
memanfaatkan TIK makin banyak ditemukan. Internet pun tidak luput dari serangan
para penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan informasi yang
diragukan kebenarannya atau mengkonfirmasi informasi yang kamu dapatkan pada
penyedia informasi tersebut misalnya pada bidang TV, Radio, dll yang tiba-tiba
mengadakan suatu kuis yang berhadiah jutaan akibatnya khalayak ramai setidaknya
akan tertarik dan akan mengikutinya setelah dinyatakan ada pemenang akan di
kenakan biaya yang telah di tetapkan oleh para penipu.
§ Tayangan
Kekerasan
Tayangan kekerasan sering
digunakan TV ataupun internet untuk menghibur para masyarakat. Banyak
situs-situs di internet yang sengaja menampilkan hal-hal yang bersifat tabu. Tv
pun tidak ingin kalah,mereka memanfaatkan perkembangan TIK untuk menerima
siaran yang menampilkan kekerasan dan menyiarkannya.