Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware)
dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai soaial yang memungkinkan setiap
individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu
lain.
Yang mendasari sesuatu hal dapat digolongkan ke dalam teknologi komunikasi
1. Teknologi komunikasi
dapat diimplementasikan dalam suatu alat
2. Teknologi komunikasi
dilahirkan oleh sebuah struktur
sosial,
ekonomi dan politik
3. Teknologi komunikasi membawa
nilai yang berasal dari struktur
ekonomi,
sosial dan politik
4. Teknologi komunikasi
meningkatkan kemampuan indera manusia
terutama kemampuan mendengar dan melihat.
Perbedaan teknologi komunikasi dengan teknologi informasi
Ruang teknologi komunikasi dalam masyarakat
Teknologi komunikasi telah berkembang
sehingga tidak ada masyarakat modern yang mampu bertahan tanpa komunikasi.
Konsep ini yang mendasari bahwa manusia memiliki kebutuhan berinteraksi sosial.
Komunikasi yang bersinggungan dengan kehidupan berbudaya dalam arti yang
seluas-luasnya (termasuk lintas budaya) terjadi dalam beragam wujud dan bentuk.
Perkembangan teknologi turut memberikan arti yang sangat penting dalam bidang
komunikasi dan interaksi sosial dapat berlangsung dan tercipta tanpa adanya
batasan ruang dan waktu. Peran komunikasi sebagai penggerak interaksi sosial
dalam masyarakat dapat terus ebrkembang dalam setiap aspek kehidupan masyarakat
yang bertujuan untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan individu maupun
kelompok.
Perkembangan teknologi komunikasi tidak
dapat dilepaskan dari suatu konteks perubahan masyarakat dalam arti luas.
Perluasan teknologi komunikasi memiliki posisi disetiap ilmu interdisiplin dan
saling berkaitan dalam hal perkembangan ilmu-ilmu khususnya sebagai sarana
pemahaman dan penyebaran ilmu agar dapat dipahami masyarakat secara rinci dan
jelas. Teknologi komunikasi dilihat sebagai keberadaannya yang unik dan
objektif mengalami perkembangan demi kebutuhan manusia dari segi pemanfaatan
teknologi komunikasi itu sendiri.
Teknologi komunikasi dan budaya
Kebutuhan manusia dalam usahanya memahami
perbedaan budaya kini dinilai esensial. Masyarakat hidup dalam keragaman budaya,
antar geografis dan lintas budaya. Teknologi komunikasi baru memberikan pilihan
kemudahan dalam memindahkan informasi antar lintas negara baik itu geografis,
sosial dan psikologis. Masyarakat dituntut untuk mengenal dan mengetahui
teknologi komunikasi agar membawa dampak efektif. Teknologi semakin membawa
dunia semakin dekat sehingga disebut sebagai global villagedimana
teknologi membawa masyarakat untuk berkomunikasi untuk lebih dekat dengan
kebudayaan lain dan tidak terpaku dengan kebudayaan sendiri.
Teknologi komunikasi merupakan perkembangan
teknis yang mengubah, memajukan dan mempercepat proses kerja komunikasi.
Perkembangan yang terjadi mengubah cara kerja komunikator, cara kerja
pengiriman pesan, cara kerja dari media, cara penerima pesan menerima pesan itu
sendiri dan cara pengembalian feedback atau dampak. Dilihat
dari relasi masyarakat secara sosial dan budaya maka perkembangan teknologi
komunikasi mengajarkan manusia dalam suatu generasi untuk siap sedia dalam
mempelajari cara dan kegunaan teknologi dan dalam mempelajari kebudayaan lain
sehingga menghindari dampak gegar budaya.
Teknologi komunikasi dan pendidikan
Perkembangan teknologi dalam bidang
komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap lini bidang pendidikan khususnya
dalam proses pembelajaran. Pengaruh ini berdampak adanya pergeseran terhadap
proses pembelajaran itu sendiri. Komunikasi sebagai media pendidikan
direalisasikan dengan menggunakan alat-alat komunikasi seperti komputer, internet , e-mail dan alat
komunikasi teknologi digital lainnya. Interaksi tidak hanya dilakukan melalui
tatap muka, namun dengan adanya pemanfaatan dari teknologi komunikasi. Pengajar
dapat memberikan layanan informasi tanpa harus berhadapan langsung dan
sebaliknya penimba pendidikan dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang
luas, tidak hanya dari pengajar, namun juga dari sumber-sumber lain yang valid
dan dapat dipercaya. Perkembangan teknologi komunikasi dalam lini pendidikan
berdampak dengan maraknya pendidikan virtual atau e-learning yaitu suatu metode
pembelajaran dengan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi internet.
E-Learning merupakan satu penggunan
teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan yang sangat
luas berdasarkan kriteria, sebagai berikut:
·
merupakan jaringan dengan kemampuan untuk
memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi pembelajaran atau
informasi
·
pengiriman sampai ke pengguna terakhir
melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet
·
memfokuskan pada pandangan yang paling luas
tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional
Teknologi komunikasi dan media baru
Teknologi komunikasi memberikan dampak kuat
bagi perkembangan media. Kegiatan manusia tak
lepas dari produk teknologi komunikasi dan media akibat pengaruh dari
perkembangan teknologi. Manusia semakin membutuhkan untuk berkomunikasi dengan
orang lain dengan menggunakan perangkat teknologi media baru. Media tidak hanya
dalam bentuk media massa dan media elektronik. Namun media baru yang semakin
berkembang dan populer adalah media jejaring sosial online di dunia maya. Media
baru digunakan masyarakat untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan segala
pandangan terhadap sesuatu hal.
Teknologi komunikasi dan media penyaji
Dalam teknologi komunikasi, media penyaji
meliputi sebagian besar media yang populer dan merupakan salah satu dari
kategori pokok lain untuk menjaring semua sarana yang bermanfaat bagi manusia.
Media penyaji dikelompokkan menjadi 4 (empat) yaitu media visual diam, media
visual gerak, media audio visual diam dan media audio visual gerak. Dalam
menganalisis media melalui bentuk penyajian dan cara penyajiannya maka akan
dapat memformat klasifikasinya yang meliputi 6 (enam) kelompok media penyaji
yaitu:
·
Kelompok satu: grafis, bahan cetak dan
gambar diam
·
Kelompok dua: media proyeksi diam
·
Kelompok tiga: media audio
·
Kelompok empat: media gambar hidup atau
film
·
Kelompok lima: media televisi
·
Kelompok enam: multi media